Selasa, 23 Oktober 2007

Teori Jurnalistik -Berita Informal-


Graha Cijantung, Favorit Warga Jakarta Timur
Dalam Menunggu Saat Berbuka

Cijantung, Beritara Kota
Graha Cijantung sarat pengunjung saat bulan puasa tiba. Jumlah pengunjung mal, pada minggu kedua bulan puasa, Minggu (23/9) itu mencapai lebih dari 40.000 orang. Tak hanya sebagai tujuan rekreasi keluarga, tempat tersebut juga banyak dimanfaatkan sebagai ajang mengisi liburan. Karena selain terdapat pusat perbelanjaan di sana, juga terdapat Taman Kota Cijantung yang ikut menambah nilai plus kawasan ini.

Seperti tahun-tahun sebelumnya, menjelang lebaran, Jakarta mulai lengang ditinggal sebagian penduduknya. Na-mun, jumlah pengunjung mal saat bulan puasa justru meningkat sekitar 20%. Pusat perbelanjaan padat pengunjung meski ibadah puasa sedang dijalankan oleh sebagian besar warga.
Tak hanya sebagai tujuan rekreasi keluarga, mal-mal di Jakarta banyak dimanfaatkan sebagai ajang mengisi liburan puasa. Mal Graha Cijantung saja misalnya, selain menjadi pusat perbelanjaan bagi warga pinggiran Jakarta Timur, kawasan ini juga di manfaatkan masyarakat sebagai sarana hiburan, karena selain terdapat pusat perbelanjaan di sana, juga terdapat Taman Kota Cijantung yang ikut menambah nilai plus kawasan ini.
Jumlah pengunjung mal, pada minggu kedua bulan puasa, Minggu (23/9), mencapai lebih dari 40.000 orang. Jumlah tersebut terus mengalami kenaikan pada minggu ketiga puasa (30/9), dengan catatan jumlah pengunjung mencapai lebih dari 45.000 pengunjung. ’’Kenaikan jumlah pengunjung men-capai 20% dibandingkan hari biasa," tutur Public Relation Graha Cijantung.

Semakin ketatnya persaingan antar mal dan pusat perbelanjaan itu membuat pengelola mal yang tidak berada di pusat kota ini mencari strategi jitu guna menarik pengunjung. Karena itu, Graha Cijantung menerapkan strategi lebih fokus guna menaikan pangsa pasar dengan selalu mencari cara inovasi program guna menarik sebanyak mungkin pengunjung mulai penyelenggaraan serangkaian acara, baik pertunjukan, pameran, hi-buran, maupun bazar, maupun perawatan Pondok Cijantung serta Taman Kota Cijantung guna meningkatkan kualitas kawasan ini.

Di Taman Kota Cijantung terdapat aneka bunga warna warni yang sangat terawat menghiasi hampir seluruh pelataran taman yang tak begitu besar itu. Patung berseragam tentara yang berdiri megah, menambah kesan unik taman yang menyediakan puluhan tempat duduk di setiap sudutnya itu.. Taman Kota Cijantung ini biasanya dipenuhi warga saat menjelang detik-detik buka puasa, karena setelah bedug magribh berkuman-dang, warga yang tengah asyik menikmati suasana taman dan ingin langsung berbuka puasa, tak akan sulit mencari tempat makan yang asyik karena berbagai outlet-outlet fast food terutama Pondok Cijantung sebaigi restoran utamanya telah siap menyediakan segala ma-cam menu makanan va-riatif siap saji, dengan harga yang cukup murah, lezat dan menyenagkan. Mulai dari roti bakar, ayam bakar, pecel lele, kerang laut, kepiting rebus, sate kambing, dan berbagai makanan lainnya serta berbagai aneka minuman yang sangat cocok untuk berbuka puasa.

Selain itu bila anda ingin menunaikan ibadah salat magrib terkebih dahulu sebeum menyantap makanan, tak perlu khawatir menemukan tempat ibadah di sana, karena selain adanya fasilitas mushola yang cukup besar dalam Mal, di lantai 5, terdapat juga Masjid PB Jenderal Sudirman, yang letaknya sangat dekat sekali dengan Mal Graha Cijantung ini. Masjid PB Jenderal Sudirman ini merupakan mesjid terbesar kedua di Jakarta Timur setelah Mesjid At-Tin di TMII.

Dengan terdapat banyaknya fasilitas yang mendukungnya tersebut, tak ayal kawasan Graha Cijantung ini menjadi favorit warga Jakarta Timur, terutama pada saat puasa tiba. Mulai dari mereka yang memang berniat untuk berbelanja, ataupun sekedar meng-habiskan waktu luang untuk menunggu saat buka puasa tiba. (tar)

Tidak ada komentar: