Rabu, 03 Oktober 2007

Manajemen Media Massa

Pengertian Media Massa

Media massa adalah media yang digunakan menyampaikan berita kepada publik secara terbuka dan serempak. Media massa yang sekarang ini dikenal adalah pers, radio, film, televisi dan internet.Semua media ini berbicara kepada masyarakat, tidak hanya dalam bentuk penyampaian informasi tetapi juga pembentukan opini dan karena itu selain sebagai sumber berita.

Media massa dibagi 2 :
Ø Media massa berkala (periodic) : buku, bioskop, komik, dll.
Ø Media massa tak berkala (non periodic) : surat kabar, koran, majalah,
radio, tv, dll.

Ciri dan sifat media massa :
Ø Publisitas : disebarkan kepada khalayak.
Ø Universalitas : jenis pesan sifatnya umum.
Ø Periodesitas : diterbitkan secara berkala.
Ø Continueitas : berita yang disajikan berkesinambungan, berpola, dan
terus dikpas sampai berita itu tidak menarik lagi.
Ø Akutabilitas : pesan dapat dipertanggung jawabkan.

Media massa juga mengandung unsur pendidikan, hiburan dan kampanye dalam arti yang seluas-luasnya. Karena itu, media massa perlu berpatokan pada kode etik media. Kita menyadari bahwa selain dampak yang sangat positif dan konstruktif dari media, ia juga mengandung bahaya negatif dan destruktif yang tidak ringan.

2 komentar:

NURUDIN mengatakan...

berkunjung ya? moga berkenan

Unknown mengatakan...

huaa....
terima kasih.... semoga bisa dijadikan bahan-bahan teman2 yg lain...hehehe///