Selasa, 13 November 2007

Komunikasi Lintas Budaya -Dubes Hongaria-

Dubes Hongaria Berkunjung ke FISIP UPN Veteran Jakarta


Sekitar pukul 09.00 Wib, pada Rabu 7 November 2007, tepat di Aula Fakultas Ilmu Sosial dan Politik UPN Veteran Jakarta tampak begitu ramai di kerumuni oleh para mahasiswanya yang berniat untuk menghadiri seminar umum oleh Duta Besar Hongaria di ruang serba guna FISIP (lantai dasar).

Mahasiswa yang menghadiri seminar berasal dari dua jurusan yaitu Jurnalistik Komunikasi dan Hubungan Internasional. Setelah menunggu sekitar 1jam 40menit, barulah sang duta besar Hongaria yaitu Mihally Illes datang.

Acara seminar di awali dengan pembukaan oleh dekan FISIP UPN Veteran yang kemudian dilanjutkan dengan pidato dari duta besar tersebut. Saat pidato disampaikan, beliau menggunakan bahasa pengantar global yaitu Bahasa Inggris. Dan topik yang diangkatnya mencakup seputar pengenalan negara dan kebudayaan Hongaria, serta hubungan bilateral antara Indonesia dan Hongaria yang menjalin kerjasama di bidang pendidikan, ekonomi, keamanan Negara(militer dan politik), maupun teknologi dll :

  • Dalam memperkenalkan negara dan kebudayaan Hongaria, beliau hanya memaparkan secara dasar saja bahwa Hongaria merupakan sebuah negara berbentuk Republik yang terletak di Eropa Tengah, dengan Ibu kotanya yaitu Budapest. Dalam bahasa setempat, negara ini dikenal sebagai Magyarország yang berarti daerah Maygar (dibacanya Major). Mayoritas penduduk di sana menganut agama Kristen dan Katolik.
  • Dibidang pendidikan dan ekonomi, beliau memaparkan bahwa Hongaria berjanji membantu Indonesia untuk mengentaskan kemiskinan dengan jalan dasar pemberian beasiswa pendidikan bagi para pelajar Indonesia yang berprestasi. Karena dengan perbaikan di bidang pendidikan tentu akan membawa dampak positif secara tidak langsung bagi pemberantasan kemiskinan yang di akibatkan oleh kualitas SDM yang rendah.
  • Di bidang keamanan Negara dan politik, beliau memberikan tanggapan mengenai terorisme yang terjadi di Indonesia saat ini. Selain itu dibahas pula sedikit gambaran kerjasama yang mencakup bidang militer dan infomasi teknologi yang akan di prediksi terselenggara pada tahun 2015 mendatang.

Diharapkan dari adanya acara seminar singkat bersama Mr. Mihally sang duta besar Hongaria tersebut, mahasiswa-mahasiswa UPN Veteran khususnya Fakultas Ilmu Sosial Politiknya akan mampu memahami, merespon, serta mendukung lebih optimal mengenai kerjasama antara republik Indonesia tercinta dengan Hongaria.

Tidak ada komentar: